Tips Mengatasi Ayam Bangkok Yang Susah Makan Dengan Benar


Sabung Ayam Online – Tips Mengatasi Ayam Bangkok Yang Susah Makan Dengan Benar. Ayam bangkok yang tidak nafsu makan sangat menggangu proses pertumbuhan sang ayam dan berakibat fatal jika dibiarkan terlalu lama. Cara mengatasi ayam bangkok yang tidak nafsu makan pastinya setiap para pemilik sabung ayam harus pintar menyiasatinya.

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Yang Susah Makan Dengan Benar

Beberapa faktor penyebab ayam bangkok menjadi susah makan adalah ayam mengalami stres, bosan dengan pakannya, mengalami penyakit cacingan, dan lain sebagainya. Untuk itu kita sebagai para botoh harus mengetahui terlebih dahulu penyebab pasti mengapa ayam aduan menjadi susah makan agar bisa diberikan penanganan yang benar dan tepat.

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Yang Susah Makan Dengan Benar

1. Pakan

Jika pakan ayam sering diberikan voer, beras merah, dan jagung, coba ganti dengan singkong dan ubi. Tambahkan sayur sayuran seperti bayam, daun pepaya, daun singkong, dan daun kangkung. Tak hanya bisa menambah nafsu makan, karena daun daunan juga bisa menghemat biaya pakan dengan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan sang ayam.

2. Bumbu Dapur

Bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe telah terbukti ampuh untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan. Caranya iris bawang puih dan bawang merah sampai halus, lalu tambahkan parutan jahe dan campurkan ke pakan ayam aduan.

3. Jumlah Pakan

Pastikan untuk memberikan pakan dengan jumlah banyak agar tidak ada makanan yang tersisa. Pakan yang tersisa akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu saluran pencernaan sang ayam. Berikan pakan sesuai dengan usia ayam itu sendiri.

4. Komposisi Pakan

Usahan untuk tidak mengubah pakan ayam terlalu sering. Contohnya saja jika komposisi pakan ayam konsentrat, jagung, dan bekatul dengan perbandingan 20 : 40 : 40.

Baca Juga : Tips Mudah Memilih Pakan Ayam Bangkok Sesuai Tipe Bertarungnya

5. Obat Cacing

Pemberian obat cacing bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan. Karena penyakit cacing menyebabkan ayam kesulitan makan. Berikan obat cacing setiap 2 – 3 bulan sekali secara teratur tergantung dari kondisi ayam tersebut.

6. Teknik Lapar

Biarkan ayam puasa selama beberapa hari dan berikan air putih saja. Setelah 2-3 hari, nafsu makan ayam pasti akan meningkat dan berikan pakan dengan jumlah cukup dan tidak terlalu banyak.

7. Minyak Ikan dan Terasi

Dari pengalaman para bobotoh tua, minyak ikan dan terasi merupakan kombinasi pakan yang tepat untuk meningkatkan nafsu makan ayam bangkok. Kandungan protein di dalam minyak ikan dan udang rebon pada terasi memiliki protein yang sangat tinggi untuk ayam aduan.

8. Temulawak dan Kencur

Temulawan dan kencur mempunyai kandungan minyak atsiri yang dapat membuat pencernaan ayam aduan menjadi lancar sehingga ayam akan menjadi nafsu makan.

Demikianlah sajian mengenai Tips Mengatasi Ayam Bangkok Yang Susah Makan Dengan Benar yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda dan salam hangat, Bandar Sabung Ayam.