Teknik Mengawinkan Ayam Bangkok Dengan Benar dan Tepat


Sabung Ayam Online – Teknik Mengawinkan Ayam Bangkok Dengan Benar dan Tepat. Setiap ayam bangkok aduan pastinya akan melakukan perkawinan secara alami tanpa adanya bantuan manusia. Namun, sebagai para botoh atau pecinta sabung ayam, untuk menternakan ayam sendiri adalah hal wajib yang perlu dilakukan terlebih lagi jika anda merupakan seorang peternak. Cara terbaik untuk mengawinkan ayam bangkok penting diketahui agar dapat menghasilkan ayam aduan berkualitas unggulan.

Teknik Mengawinkan Ayam Bangkok Dengan Benar dan Tepat

Nilai jual ayam bangkok akan lebih tinggi jika ayam yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk itu, sebelum mengawinkan ayam aduan, sebaiknya anda mengetahui ciri ciri ayam bangkok mana yang berkualitas sehingga akan mengahasilkan turunan yang berkualitas juga.

Ada beberapa sistem perkawinan pada ayam bangkok yang dapat digunakan seperti stud mating, pen mating, dan lain sebagainya. Perbedaan dari teknik tersebut adalah dari jumlah banyaknya ayam jantan dan ayam betina yang akan digunakan untuk dikawinkan.

Semakin banyak jenis ayam yang dikawinkan, maka hasilnya juga berbagai macam. Selain itu, ada juga pejantan yang dikawinkan dengan beberapa ayam betina agar proses budidayanya semakin cepat.

Baca Juga : Manfaat Daging Kambing Untuk Ayam Bangkok Aduan

Teknik Mengawinkan Ayam Bangkok Dengan Benar dan Tepat

1. Stud Mating

Stud mating adalah cara mengawinkan ayam bangkok antara satu ayam jantan dengan satu indukan betina. Cara ini dilakukan agar kualitas anak ayam semakin jelas. Caranya masukan sepasang ayam ke dalam kandang berukuran 2 x 2 meter. Lalu biarkan kedua ayam tersebut melakukan proses perkawinan secara alami. Jika jodoh, dalam beberapa hari ayam akan langsung bertelur.

2. Pen Mating

Sistem perkawinan ini antara satu ayam jantan dengan 4 – 5 ekor ayam betina. Cara ini memiliki kelebihan tersendiri karena sangat mempercepat proses produksinya. Namun, ada kelemahannya yakni akan ada beberapa indukan ayam yang terintimidasi karena tidak disukai oleh sang jantan. Untuk itu cara ini siapkan kandang berukuran 2 x 4 meter.

Ayam jantan sebagai indukan tidak akan mengawinkan semua ayam betina sekaligus. Mengawinkan ayam membutuhkan kesabaran ekstra supaya ayam betina cepat bertelur.

Mengawinkan ayam bangkok terbilang susah susah gampang karena terkadang ayam tersebut tidak mau mengawinkan ayam betina. Jika hal itu terjadi cobalah untuk melakukan beberapa trik dengan cara memberikan jamu kuat seperti jahe dan kuning telur pada ayam jantan.

Demikianlah sajian mengenai Teknik Mengawinkan Ayam Bangkok Dengan Benar dan Tepat yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda dan salam hangat, Bandar Sabung Ayam, Bandar303.